15:16:00
PERANG 2013


Banda Aceh - Hari ini Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika Unsyiah mengadakan kegiatan PERANG 2013 yang di panitiai oleh angkatan 2012. Kegiatan PERANG pada hari pertama ini dilaksanakan di Lab Terpadu Unsyiah. Kegiatan PERANG ini
sempat terlambat setengah jam karena harus menunggu pemateri yang belum sepenuhnya hadir. Namun, panitia berhasil memanfaatkan waktu yang terbuang dengan melakukan sharing dengan angkatan 2013.

Kegiatan PERANG baru dimulai pada pukul 10.00 dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Haikal Hukama dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Himpunan Teknik Geofisika Unsyiah (Hima - TG) oleh Rizky Ramadhan Tanjung.

"PERANG pada awalnya merupakan singkatan dari Persaudaraan Aneuk Geofisika, dan disetujui oleh seluruh anggota pada saat pemilihan nama tersebut. Namun, karena keinginan dari dosen-dosen Teknik Geofisika, kepanjangan PERANG diganti menjadi Persaudaraan Aneuk Teknik Geofisika, tanpa mengubah kependekannya" kata Rizky Ramadhan Tanjung.

"Pada awalnya, PERANG 2011 dan PERANG 2012 dipanitiai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM-FT), Seiring dengan berjalannya waktu lahirlah organisasi Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika(HIMA-TG) yang siap untuk memegang PERANG 2013. Ini adalah pertama kalinya HIMA-TG memegang PERANG, Jadi diharapkan PERANG kali ini dan selanjutnya dapat berlangsung sukses" Lanjut  Rizky Ramadhan Tanjung.

Setelah Kata sambutan dari KAHIM, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh ketua jurusan Teknik Geofisika Unsyiah Marwan S. Si, M.T

"Teknik Geofisika ini awalnya berada di bawah MIPA. Namun, karena SK yang keluar di tujukan kepada Fakultas Teknik dengan nama Teknik Geofisika, maka pada akhirnya Teknik Geofisika ini dijalankan di bawah Fakultas Teknik Unsyiah" Terang Pak Marwan menjelaskan sejarah Teknik Geofisika Unsyiah pada saat pembukaan.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pembukaan acara PERANG 2013 oleh PD 3 FT Dr. Muhammad Ilhamsyah, ST, M.Sc

"Hal yang paling penting didalam dunia pendidikan adalah start up nya, jika start upnya Ok, maka kedepannya juga bagus, Oleh karena itu saya mengizinkan acara acara yang seperti ini" kata Pak Ilham

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh salah satu dosen Teknik Geofisika sekaligus ketua  HAGI regional Aceh,  Pak Didik Sugiyanto, MT

"Prospek Kerja di bidang Geofisika sangat besar, itu bisa jadi ia bisa jadi tidak. Tergantung bagaimana kita dengan Geofisika ini. Geofisika terbentuk dari gabungan beberapa disiplin ilmu, diantaranya geologi, matematika dan fisika. Jika kita hanya menyukai dan mempelajari ilmu geologinya saja, peryataan diatas bisa jadi salah, karena orang geologi lebih memahami bagaimana geologi itu. Tapi coba kita menguasai geologi, matematika, dan fisika, ditambah pengetahuan komputasi yang kuat. Maka peryataan diatas bisa jadi benar, bahkan kita bisa dikejar kejar oleh perusahaan sebelum kita tamat kuliah. Oleh karena itu, Tulislah cita citamu pada selembar kertas, tuliskan dimana kalian ingin berkeja, sehingga hal itu dapat memotivasi kita dalam menghadapi rintangan untuk menjadi Geofisikawan yang utuh " Kata Pak Didik.